Review Update Catfiz Beta 5 (Risingstar)

Bertepatan dengan perayaan Tahun Baru Cina (IMLEK), Catfiz mengeluarkan Messenger Barunya Beta 5 Dengan Code Name Rising Star, banyak fitur-fitur ataupun tampilan baru yang disajikan di Messenger Khas Indonesia ini, saya akan mereview bebrapa fitur update terbaru dari aplikasi catfiz :

1. Nic (Nomor identifkasi Catfiz) Permanen

Pada versi sebelumnya nic belum permanen, masih bisa terganti setiap kali kita menginstall ulang catfiz, nah ini meresahkan para android maniac yang sering melakukan modifikasi pada handphonenya, mereka akan sering kali berganti-ganti nic dan ini membuat pengguna kurang loyal menggunakan catfiz walaupun sebenarnya terdapat local backup yang menyimpan NIC dan teman-teman catfiz kita, seandainya kita melakukan uninstall pada aplikasi ini.

Pada Versi Beta 5, Catfiz telah mempermanenkan NICnya, 1 Handphone = 1 NIC, identifikasi nic menggunakan imei dari handphone yang telah terinstall catfiz sehingga memudahkan kita untuk mengembalikan nic dan teman catfiz setelah catfiz diuninstall, factory reset atau setelah mengcustom android kita. 

Setelah mengupdate ke versi beta 5, akan ada form untuk menginput nic (lama) dan password (yang anda buat sewaktu pertama kali menginstall catfiz), kemudian server akan meregister dan mencocokan, jika berhasil aplikasi akan merestore nic serta data ke Handphone anda.

Untuk mengganti password bisa dilakukan di menu --> Lainnya --> setting --> Account --> Password

Semoga dengan adanya nic permanen, para pengguna akan lebih loyal terhadap messenger kebanggaan Indonesia ini.

Tips :
Sebelum mengupdate pastikan anda menghafal nic dan password anda, dan tak lupa melakukan Local backup, untuk menjaga jikalau anda lupa password.


2. Auto Update

Di versi beta 5 ini catfiz akan memudahkan penggunanya dalam hal pembaruan aplikasi, tidak seperti versi sebelumnya untuk pembaruan aplikasi user harus mendownload aplikasi melalui website catfiz.com, namun sekarang bisa dilakukan dalam aplikasi catfiz itu sendiri, aplikasi akan menotifikasi usernya jika catfiz yang digunakan meminta pembaruan. Atau kita juga bisa mengeceknya secara manual dengan cara, tekan tombol menu kemudian Check Update.



3. Search pada Kategori

Untuk catfizer yang mempunyai banyak teman kita bisa melakukan pembagian kategori teman, misalnya, Kantor, Keluarga, Sahabat, dll , nah di beta 5 ini ada penambahan fitur pada kategori tesebut yaitu fasilitas pencarian (search), tidak perlu menggulirkan jari anda untuk mencari teman dalam kategori, cukup menulis nick name pada form perncariannya.



4. Invite Pool per kategori

Pool adalah fitur chatting berkelompok serupa grup hanya saja bersifat sementara, diupdate terbaru catfiz kita tidak perlu mencari satu-persatu teman dan menginvetenya untuk bergabung dalam pool, tinggal membuat kategori dan menginvetenya semua ke dalam pool sesuai kategori yang dipilih.

Caranya : Buat kategori khusus, contoh Teman Kampus, kemudian buat Pool contoh : Tugas Kampus kemudian Invete Friend tekan catfiz contact category (Icon Manusia) Pilih kategorinya (Teman Kampus) select All dan OK


5. Friend List View Limitation

Menu utama catfiz adalah menu yang paling sibuk, terdapat semua status, komentar dan gambar dari friend catfiz kita. bagi yang mempunyai teman sedikit mungkin tidak masalah, mudah melihat dan mengomentari status terbaru teman kita, namun yang mempunyai lebih dari 500 teman akan kewalahan meladeni 500 status tersebut, nah Friend List View Limitation membatasi jumlah friend yang akan ditampikan pada beranda kita, hanya yang aktif saja yang tampil di halaman status kita, sedangkan yang kurang atau tidak aktif akan tersembunyi secara otomatis. Di dalam menu setting kita bisa membatasi, 50 Friend, 100 Friend, 150 Friend, dan Unlimited friend yang ditampilkan.

Sebenarnya Fitur ini belum begitu berguna, namun seandainya kita bisa memilih teman yang dimasukkan dalam Friend List View sesuai dengan keinginan kita akan lebih baik, kita tunggu saja Update berikutnya.


6. New Graphic User Interface

Tampilan adalah hal yang pertama yang kita lihat dan menjadi penilai kita terhadap suatu aplikasi. Di update terbaru catfiz masih mengusung "dark theme" salah satu tujuannya adalah penghematan daya melalui display, seperti kita ketahui kecerahan display menjadi salah satu faktor penentu hemat atau borosnya baterai handphone kita.

Sedikit berbeda dari versi sebelumnya di Beta 5 ini tampilan catfiz semakin elegan, mulai dari icon yang lebih hidup, warna header yang tidak terlihat kaku, sampai notifikasi komentar yang menggunakan blink, membuat catfiz lebih berwarna namun tetap berkarakter seperti sebelumnya.


7. New Emoji

Sebuah messenger yang baik adalah mesenger yang mempunyai banyak symbol ataupun emoji yang bisa mewakili perasaan atau keinginan tanpa perlu menggunakan banyak tulisan. Dengan kata lain tanpa perlu menuliskan banyak kata lawan chat akan mengerti apa yang kita maksud. 

Di beta 5 ini catfiz telah mensupport berbagai simbol (emoji), membuat chatting lebih variatif dan berwarna, namun sayangnya emoji belum bisa kita gunakan langsung dari aplikasi catfiz, kita harus memakai aplikasi lain untuk menggunakannya, contoh go sms, whatsup, ataupun keyboard yang mendukung autotext. 

Mudah-mudahan di update selanjutnya emoji akan di include-kan dengan catfiz, bukan hanya support namun bisa dipakai langsung dari catfiz.



8. Local Backup Category dan Pool

Fitur ini adalah pengembangan dari fitur localbackup sebelumnya, di versi sebelumnya localbackup hanya menampung backup NIC dan Frend saja namun untuk category dan pool, akan hilang jika kita uninstall catfiz kemudian merestorenya, walaupun nic dan teman tetap seperti sebelum kita menguninstall aplikasi ini.

Selain fitur-fitur di atas, Pada Update terbaru ini terdapat beberapa perbaikan dari bug-bug versi sebelum nya seperti bug pool, photo share dll. semoga dengan ini catfiz akan nyaman digunakan tanpa ada pesan tutup paksa (Force Close).

Demikian review saya untuk Catfiz beta 5 (Raising Star), semoga perbaikan-perbaikan dan penambahan fitur kedepannya menjadikan catfiz sebagai Messenger yang paling banyak digunakan di Indonesia.




Tetap download catfiz terbaru di WWW.CATFIZ.COM dan sampaikan kepada teman, keluarga maupun orang disekitar anda yang menggunakan android untuk menginstal catfiz.


Happy Catfiz
IXn.Me (773ECAB73)

Sumber : Catfiz Blog
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

11 September 2013 at 16:06

masih Catfiz versi beta, update lagi dong min artikel Catfiznya, secara Catfiz yang baru ini tampilan keseluruhannya kan udah baru banget....
tengkyu pencerahannya....

Post a Comment

 
Copyright © TKC Media (Team Kreatif Citra Media) 2014