INFRASRUKTUR CATFIZ

Wah pagi ini akhirnya ada jugan nih bisa bikin ilmu lagi diinternet bagi pengguna user android di indonesia. Paling enak di temani secangkir kopi nih, tapi boro-boro mau bikin. Air panasnya g ada nih, wajar juga kan anak kos, hehehe. langsung masuk pembahasan hari ini dari pada gua curhat mulu.

Catfiz dimulai dari sebuah sever kecil sederhana pada masa alpha dengan 5-10 user, dengan modal komputer rakitan dan bandwidth yang seadanya. Karena Catfiz Team percaya bahwa kekutan selalu dimulai dengan sederhana, "Simple Is Strong" mulai dari yang kecil. dan hanya diawali dengan membeli sebuah perangkat android merk lokal.
Catfiz mecoba melakukan membuat sesuatu messenger dan social networking.Mereka juga sempat bingung sebelum menemukan nama "CATFIZ" sebagai nama proyek mereka.

komputer sebagai server adalah komputer rakitan sederhana dan itu pun sebagai sarana kerja harian di salah satu kantor founder. Setelah berkali-kali melakukan trial ditemukan suatu cara untuk teknologi transfer sederhan simple dan ringan, dan ini tetunya juga buah pengalaman para founder yang belajar komputer sejak era DOS (Disk Operating System). Di era DOS (Disk Operating System) segalanya bersifat text mode dan no GUI (Grapihical User Interface), namun itulah yang membuat Catfiz Team semakin terasah. Baris demi baris benar-benar Catfiz Team pikirkan efisiensinya. Jadi bukan hanya sekadar copy paste.

Baris demi baris mereka ketik, hari demi hari mereka luangkan. founder mereka saat ini sudah terkenal di dunia maya sebagai master. Inilah yang juga mensupport Catfiz yg saat ini dapakai oleh pengguna android. Maka mereka melakukan pembagian tugas, ada yang menhitung kebutuhan server dianlise trend pengguna, ada yang jadi tester, ad juga yang browser sana sini tentang perkembangan android, dihitung dari kekuatan dan tantangan serta pelung yang membuat mereka semakin mantap memilih jalur ini.

Pada periode alpha hanya kalangan dekat yang diminta mencoba tujuan memudahkan handle pertanyaan dan diskusi, dua  bulan berlalu sebuah handphone kecil merk local. Sekarang mereka mulai membeli gl tab pertama dengan maksud untuk mencoba dalam ukuran yang lebih besar, itupun mereka cuman nyicil pakai kartu kredit. hehehe bru kali ini pengusaha beli gl pakai nyicil dlu. Next, tetapi semangat dan optimisme semakin membakar founder sesuai dengan hasi riset kicil-kecilan tentang treand Android, treand Gartner juga dari beberapa media baik luar dan dalam negeri yang mereka baca.

Disinilah mereka mulai serius deengan memulai :
"bentangkan roadmap server"
"bentangkan roadmap catfiz"
 biyar pun selalu berubah pada jaman sekarang kerena consultantly changing. bukan hanya sekedar bunglon tapi smart bunglon yang berubah mengikuti kondisi dan situasi juga trend pengguna hingga saat ini.

Kita saat ini sudah masuk dalam sebuah era C Generation always connected constanly changing. Kalo kita membayangkan pada masa Catfiz Team mulai belajar komputer di tahun 80-an internet masih belum ada. Maka semua terasa sepi, tetapi hikmah mereka dapat menghafal letak huruf dan mereka hafalkan syntax dan sangat paham proses, mulaai dari text editor, linker, dan compiler. Disinilah mereka bisa tau bikin short pakai programing languange 4th generation yang memang ringkas, tetapi membebani machine. Itulah masa lalu para founder yang bikin feel programing terasah.

Seorang founder punya pengalaman juga jadi programmer disalah satu negara di asia. Ada juga yang  punya pengalaman jadi programmer support sebuah IT developer papan atas dunia dimasa itu. Dari situlah selalu mengupdate pengetahuan mereka. Diantara para founder yang juga pengajar di beberapa PT namun pada dasarnya mereka suka explorer.

Mereka beli buku tidak hanya brouse untuk mendapatkan kedalaman materi dan ilmu. Good memang bagus, tetapi untuk lebih dalam dan jelas maka buku tetap harus dibaca, karena buku punya alur peroses dan kesimpulan. Mereka sempat menemukan banyak menemukan jagoan yang muncul sebagai pengguna catfiz, team merasa sombong rupanya dulu merasa serba tau Pengetahuan tidak cukup, Pengalaman tidak cukup, tetapi "INOVASI" mereka lah yang menjadi ungglan.

Maka dari ini mereka berterimakasih kepada user "CATFIZ" karena bisa membuat mereka terus belajar dan terus mengembangkan.

Server saat ini mereka atur daya tampungnya dan daya kerjanya. Maka dari itu merka bikin tool pemantau server. Pada waktu user membeludak saat ini mereka melakukan penambhan server dan itu memang luar biasa, server mereka saat ini ada 4 yang diberi mereka julukan :
  1. edoras
  2. osgliath
  3. shire
  4. pelenor
itulah inti kalau tadi diawali server dari pc biasa dan rakitan. maka yang inti ini sudah digunakan sebagai server sebenarnya dan didukung pula oleh pc rakitan yang disambung dalam satu mesin kendali.

Untuk mempermudah pemantauan kinerja jaringan. namun sangat privacy, mereka tidak akan memantau kalimat demi kalimat dan huruf yang diketik oleh user. jadi kita sangat aman tidak takut terbaca oleh siapa pun. Karena investasi buat server mereka gede juga. Mereka menempatkan server dalam sebuah ruangan kecil yang dijaga temperaturnya dengan seksama. dan pada ketinggian 15 meter dari permukaan jalan. Disebuah gedung yang disuplai oleh 3 penyulang listrik, sehingga semoga handal dari sisi elecricity, meskipus selalu siaga untuk dijaga.

visi dan semangat yang menjadi pemersatu Catfiz. Semangat memjukan Indonesia melalui android.
dan ini lah deklarasi dari Catfiz Team yang ingin di suarakan pada suatu saat nanti ;

PROLAMASI MESSENGER INDONESIA

kami bangsa indonesia
dengan ini menyatakan kemerdekaanya

hal-hal yang menyangkut penyampaian pensan
diselanggarakan oleh bangsa sendiri dengan cara singkat dan sederhana


CatFiz


catatan
 *) masukkan info sumbber berasal

kesimpulan
catfiz baby love forever
PIN : D493B0D3D9

dibalik pembicara
catfiz team
PIN : 859F4F38F3
Share this article :
 
Copyright © TKC Media (Team Kreatif Citra Media) 2014